Blogshop Pesta Blogger+ 2010

6 Oct 2010

agatha-02

Mbak Shrivastava Agatha, atau yang terkenal sebagaiMbakdos, akan datang di Jogja untuk menjadi pemateri Blogshop di Amikom. Berikut ini pemikirannya tentang blog dan social media serta kaitannya dengan materi blogshop besok tanggal 9 Oktober, kami cuplik dari blognya:

Beberapa hari belakangan, dunia perinternetan sedang dalam kondisi yang cukup membosankan buat saya. Membuka-buka akun media sosial yang saya miliki, browsing sana-sini tanpa tujuan, mengurusi pengajaran, kadang berbincang dengan teman-teman di instant messenger ya hanya itu saja.

Beruntunglah karena akhirnya kakak @KENTANGBESAR dan @kentangkecil kembali mengudarakan Kentang Radio mereka -setelah sempat absen beberapa saat, sehingga ketika saya membuka si Gufi dan tersambung ke internet, setidaknya ada lah tujuannya.

Lalu saya sadari ada sesuatu yang hilang dari rutinitas kegemaran saya menjelajah internet: membaca blog.

Saya tidak tahu apakah kalian juga merasakan hal yang sama.

Beberapa blog teman-teman yang memang sejak dulu cukup sering saya baca sudah saya langgan dan masukkan blog-blog itu ke dalam daftar Google Reader saya, sehingga saya akan langsung tahu jika mereka baru saja menerbitkan tulisan baru.

Entah sejak kapan persisnya, daftar tulisan terbaru yang terpampang di Google Reader saya itu semakin berkurang jumlahnya. Jika dulu setidaknya dua hari sekali selalu muncul beberapa tulisan baru dari beberapa blog berbeda sekarang.. mungkin hampir seminggu sekali tulisan-tulisan itu baru muncul.

Ke mana mereka?

Kalau dibilang menghilang ya mestinya tidak juga, karena saya toh masih bisa menemukan blogger-blogger ini melalui akun-akun media sosial yang sama-sama kami miliki. Sebutlah Twitter. Saya masih sering menemukan tweet mereka di timeline saya.

Sibuk, mungkin. Tapi masa iya barengan semua sibuknya?!

Jawaban yang segera muncul dalam kepala saya adalah mungkin ini sekedar MUNGKIN, lho blog memang sudah tidak semenarik dulu lagi di awal kemunculannya.

Dulu, blog bukan sekedar sarana untuk mengomunikasikan isi kepala si pemiliknya. Dengan membaca tulisan-tulisan di sana dan kemudian meninggalkan komentar, blog sekaligus memiliki fungsi sebagai media komunikasi dua arah. Kita bisa mengenal para pemilik blog dengan membaca tulisan-tulisan dan meninggalkan komentar. Kadang di beberapa blog juga memiliki chatbox yang memungkinkan si pemilik dan pengunjung berkomunikasi.

Lalu muncullah Twitter.

Singkatnya mungkin sama, kita bisa mengutarakan isi pikiran kita sekaligus membuka jalur komunikasi dua arah dengan teman-teman. Dan penggunaannya pun sangat sederhana. Cukup memiliki piranti komunikasi seperti handphone, memungkinkan koneksi internet bahkan sekarang mengirim tweet melalui SMS pun bisa, komunikasi seperti pada blog bisa dilakukan. Walau kalau mau membahas keterbatasannya memang hanya bisa memuat 140 karakter saja.

Yang sangat disayangkan, karena baik blog atau Twitter -ketika kita memiliki keduanya- sebaiknya memang dipertahankan keberadaannya secara setara. Yaa.. artinya tidak hanya menulis blog tiap hari tanpa menyentuh Twitter, atau -sebaliknya- lebih aktif di Twitter sampai mungkin lupa bahwa kita masih memiliki blog. Sebaiknya demikian.

Kenapa begitu?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, ikut menghadiri acara Blogshop Pesta Blogger+ 2010 di Jogja, yuk! Di sana akan dibahas tentang kedua hal itu: blog dan media sosial (Twitter, salah satunya) sebagai dua hal yang saling melengkapi, berkaitan erat, bergandengan tangan *eh*

Kegiatan Blogshop ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Pesta Blogger+ 2010, dan diadakan di 10 kota di Indonesia. Jogja, adalah salah satunya.

Khusus kegiatan Blogshop di Jogja, akan diadakan hari Sabtu, 09 Oktober 2010. Untuk keterangan lengkapnya bisa langsung saja ditilik di website resmi Pesta Blogger atau Pesta Blogger Jogja.

Apa lagi yang membuat kalian harus menghadiri kegiatan Blogshop di Jogja itu?

Oh, ya jelas karena ada saya yang membawakan acaranya :mrgreen:

Sampai jumpa di Jogja!

Bagi yang sudah terdaftar di blogshop, sampai ketemu di AMIKOM ya. ^^


TAGS


-

Author

Follow Me