Sambutan Ketua Panitia

24 Sep 2010

Komunitas sudah lekat dengan Jogja. Ketika tiap tahun ribuan pelajar datang ke kota ini untuk belajar dan bekerja sama, kelahiran komunitas dengan berbagai corak adalah denyut yang rutin. Lalu lintas yang mendukung spontanitas serta penghuni yang dinamis memberi ruang luas bagi komunitas untuk lahir dan hidup.

Ada banyak sekali komunitas online di Jogja. Banyak dari mereka rutin temu kumpul dan membuat kegiatan yang nyata. Keberagaman ini adalah sesuatu yang harus disyukuri, dibanggakan, dan dipelihara.

Tetapi komunitas yang hidup sendiri-sendiri tidaklah menguntungkan. Komunitas yang sudah besar tidak dapat mendampingi komunitas yang baru lahir. Demikian juga komunitas yang masih muda: tanpa adanya silaturahim, energi mereka tidak dapat mengilhami komunitas yang sudah matang.

Jika kita ingin mendudukan Pesta Blogger Jogja dengan pas, maka kegiatannyaharus menjadi titik di mana komunikasi antar komunitas menjadi ada (meminjam istilahnyaLantip). Jika di kemudian hari lahirlah forum komunikasi komunitas online, tentu akan menjadi dinamika yang menyehatkan. Tetapi untuk saat ini, ada baiknya tidak tergesa-gesa memikirkan perangkat bernama lembaga, karena yang dibutuhkan adalah network komunitas yang rukun dan dapat bekerja sama.

Saya sungguh berharap PB Jogja dapat menjalankan tugas itu. Dan mewakili seluruh panitia PB Jogja, saya mohon doa restunya supaya dapat menyelenggarakannya dengan baik dan lancar.

Hormat saya,

Herman Saksono
Ketua Panitia Pesta Blogger Jogja+ 2010


TAGS


-

Author

Follow Me